Senin, 22 Juli 2019

belajar bahasa indonesia yang menyenangkan


Belajar Bahasa Indonesia yang Menyenangkan

“Selama ini, banyak siswa di sekolah yang menganggap pelajaran bahasa dan sastra Indonesia membosankan dan tidak menarik”.
Salah satu penyebabnya adalah guru – guru yang belum kreativitasnya untuk menciptakan dan memanfaatkan bahan ajar.Siswa cenderung dijadikan sebagai objek pembelajaran dan guru sebagai subjeknya, serta guru yang kurang menyukai sastra.
Berikut adalah beberapa upaya penggalian potensi siswa dalam mengajarkan bahasa dan sastra Indonesia.

1.      Mengadakan lomba mading tingkat SMP se-Bandung Raya yang dimaksudkan untuk meningkatkan kreativitas seni, khususnya apresiasi sastra.
2.      Membimbing siswa mengikuti berbagai perlombaan yang berhubungan dengan mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Dari hasil perlombaan, siswa lebih mandalami sastra dan lebih menambah rasa percaya diri mereka untuk tampil di depan umum
3.      Membawa siswa ke ruang multimedia. Guru dapat mengakses dan mengolah informasi dari media elektronik dalam bentuk powerpoint dengan tambahan animasi. Kemudian menerapkannya dalam proses pembelajaran. Selain itu, dalam kegiatan pembelajaran, diberikan tugas kelompok dengan pokok bahasan tertentu yang sesuai dengan silabus. Setiap pertemuan, tampil satu kelompok untuk mempresentasikan laporannya. Aktivitas siswa di kelas tampak sangat dominan. Mereka menyampaikan melalui perangkat multimedia proyektor (MMP) sehingga tertampang uraian materi yang lengkap diselingi dengan gambar – gambar dan suara.

4.      Siswa ditugaskan untuk membuat naskah drama yang temanya ditentukan oleh mereka sendiri. Setiap pertemuan, tampil satu kelompok untuk mementaskan pertunjukkan drama. Pertunjukkan mereka selain dinilai oleh guru bahasa Indonesia, juga dinilai oleh teman – teman mereka.
Ada juga diantara mereka yang mengumpulkan tugas dalam bentuk CD (cakram padat) dan diputar di ruang multimedia. Kegiatan tersebut diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab yang disaksikan oleh guru bahasa Indonesia dan Kepala Sekolah. Hal ini melatih siswa menyukai sastra dan menambah kecintaan dan menambah kecintaan anak didik terhadap mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia.Disini betul – betul siswalah yang aktif menemukan sesuatu berdasarkan pengalaman yang dialami sendiri. Guru hanya berperan sebagai fasilitator dan untuk mencari penguat materi dengan cara membenahi atau menjelaskan kekurangan yang diperoleh siswa.

5.      Menonton pertunjukkan bernuansa sastra. Di akhir pertunjukkan, bias dilakukan Tanya jawab langsung dengan sutradara. Hal ini dimaksudkan untuk lebih menambah kecintaan para siswa dalam mengapresiasi suatu pertunjukkan.
6.      Selain dalam kelas, guru juga bekerja sama dengan OSIS, mengadakan kegiatan yang meningkatkan apresiasi sastra, misalnya acara perpisahan, serta pembacaan puisi dan musikalisasi puisi pada hari – hari besar agama.

7.      Menugaskan para siswa mencari puisi karya penyair karya terkenal, lalu mereka mengubah menjadi lirik lagu yang diiringi musik. Kegiatan ini dikenal dengan nama musikalisasi puisi.
Kegiatan ini  menjadi proses pembelajaran berkembang menjadi sangat menarik, meskipun hanya dengan menggunakan media dari barang bekas.
8.      Siswa ditugaskan membaca cerpen yang sudah ditentukan. Cerpen disajikan sebagian. Siswa kemudian disuruh melanjutkan cerpen sesuai dengan keinginan imajinasi mereka. Sambil menulis lanjutan isi cerpen, diperdengarkan alunan klasik implora. Kemudian guru mempersilahkan siswa untuk meneruskan isi cerpen yang dibacakan di depan kelas. Teman – teman yang lain memberi komentar. Kegiatan ini melatih daya imajinasi kita.

Metode tersebut dapat meningkatkan kemampuam belajar siswa.Bentuk – bentuk pembelajaran lebih bervariasi. Dengan demikian, anggapan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia tidak membosankan dan tidak menarik, lama – kelamaan akan terkikis

32 komentar:

  1. Terima kasih Bu. Sekarang belajar bahasa Indonesia lebih menyenangkan

    BalasHapus
  2. Masyaa allah... Sangat bermanfaat sekali. Ternyata belajar bahasa indonesia itu tidak membosankan, malahan menyenangkan. Terima kasih ibu telah membuat tulisan yang sangat bermanfaat ini :)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Terimakasih Bu, sekarang saya lebih termotivasi lagi untuk belajar bahasa Indonesia dengan menyenangkan:) -Ida Natalita Harianja (XI MIPA 5)

    BalasHapus
  5. Terima kasih bu. Setelah dibaca saya jadi termotivasi belajar bahasa indonesia yang biasanya membosankan menjadi menyenangkan (Muhammad Deffa Heryana XI MIPA 5)

    BalasHapus
  6. Benar sekali bu, belajar itu harus menyenangkan agar murid dapat dengan mudah menyerap materi dan tidak mudah bosan saat belajar.

    BalasHapus
  7. Masya allah. Benar sekali bu, setelah saya membaca artikel ini saya menjadi lebih bersemangat lagi untuk belajar bahasa indonesia..
    Astri yanti (XI MIPA 5)

    BalasHapus
  8. Terima Kasih bu, setelah membaca artikel yang diatas saya menjadi bersemangat lagi untuk belajar bahasa indonesia...
    Rifaldi(XI MIPA2)

    BalasHapus
  9. Maasyaa Allah, Syukran Jazakillah khair ibu :) Artikel ini menjadi motivasi untuk anak indonesia, bahwa bahasa indonesia bisa jadi pelajaran yang sangat menyenangkan melalui berbagai kreativitas..
    Riani Az-zahra (XI MIPA 2)

    BalasHapus
  10. Artikel ini bermanfaat sekali, untuk menjadi acuan dan motivasi agar banyak siswa yang menyukai pelajaran bahasa indonesia

    BalasHapus
  11. Bisaa menjadi pembelajaran dan sangat bermanfaat bagi kita semuaa

    BalasHapus
  12. Sangat bermanfaat bagi para pembaca

    BalasHapus
  13. Sangat inspiratif sekali, bahasanya lembut sekali, mudah sekali membacanya

    BalasHapus
  14. Sangat bermanfaat untuk para pembaca

    BalasHapus
  15. Keren bu... Membuat saya termotivasi:)

    BalasHapus
  16. Sangat menginspirasi sekali,terus semangat dalam berkarya
    -Najla ipa2

    BalasHapus
  17. Bagus sekali bu,ini bisa jadi referensi untuk guru bahasa Indonesia yang lain agar pada metode pembelajarannya bisa lebih menyenangkan.

    BalasHapus
  18. Saya menjadi lebih termotivasi terimakasih atas karyanya -Refaldi 11 Mipa 1

    BalasHapus
  19. semangat terus bu
    -vina 11 mipa 1

    BalasHapus
  20. Bagus bu, sangat memotivasi dan sangat menginspirasi

    BalasHapus
  21. semangat terus bu
    syaswa 11 mipa 1

    BalasHapus
  22. Bagus sekali ibu,semangat terus...

    -siti nurjanaha 11 mipa 1

    BalasHapus
  23. Sangat bermanfaat bu, materi yang ibu sampaikan sangat berguna

    BalasHapus
  24. sangat bermanfaat materi yg ibu sampaikan

    BalasHapus
  25. Sangat bermanfaat sekali πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  26. Semangat terus untuk berkarya

    Azwan Nazril Attalloh XI-1

    BalasHapus
  27. sangat bermanfaat buπŸ™πŸ»πŸ’ͺ

    BalasHapus